Hal-hal ini dapat Jauhkan Bayi Anda dari Penyakit

Sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna membuatnya rentan terserang penyakit. Tak jarang penyakit yang sebenarnya tak berbahaya bagi orang dewasa bisa mengancam nyawa bayi.
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 langkah jauhkan bayi Anda dari ancaman penyakit:

1. Imunisasi
Imunisasi merupakan hal wajib yang harus diberikan pada bayi. Dengan imunisasi, bayi bisa terlindung dari berbagai penyakit berbahaya seperti polio dan difteri.
Ditambahkan Dr dr Soedjatmiko, SpA(K), MSi, di Indonesia, rata-rata satu bayi (usia 0-12 bulan) meninggal tiap 35 menit dan 1 balita (0-60) meninggal tiap 12 menit. Usut punya usut, salah satu penyebabnya adalah kurangnya kepedulian orang tua terhadap pentingnya imunisasi bagi anak.

2. Cuci tangan dengan sabun
Hingga usia 6 bulan, bayi rentan terpapar kuman yang bisa menularkan penyakit berbahaya. Untuk itu, orang tua dan orang dewasa lain di sekitar bayi harus membiasakan cuci tangan pakai sabun.
Terutama jika sebelumnya Anda pergi berbelanja, memasak, mengganti popoknya, atau menyentuh makanan mentah. Jika orang lain di sekitar bayi pilek atu flu, lebih baik jauhkan si kecil dari jangkauan mereka.

3. Jangan beri obat sembarangan
Ketika si kecil sakit, orang tua biasanya akan memberikan obat rumahan untuk meredakan gejala. Padahal hal ini bisa berbahaya karena dosis dan kegunaan obat bayi dan orang dewasa sangat berbebda.
Sama halnya dengan obat herba. Maka dari itu, jika bayi menunjukkan kesehatannya menurun, segera bawa ia ke dokter. Sebagai antisipasi misalnya saat demam, Anda bisa memberikan obat penurun panas yang sebelumnya sudah diresepkan dokter sebagai pertolongan pertama sebelum membawa si kecil ke dokter.

4. Jauhi asap rokok
Asap rokok berbahaya untuk orang sekitar, apalagi bayi yang sistem pertahanan tubuhnya belum sempurna. Asap rokok bisa membuat bayi mengalami gangguan pernapasan hingga pneumonia.
Maka dari itu, jangan ragu untuk melarang anggota keluarga merokok di dalam rumah. Selain itu, Anda perlu menghindari penggunaan semprotan bahan kimia seperti produk pembersih dan obat nyamuk saat bayi berada di dalam ruangan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s