Tempat Wisata Jawa Timur

tempat-wisata-di-jawa-timur

Inilah Tempat-tempat Wisata di Jawa Timur yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga Anda tercinta.

  1. Gunung Bromo, Malang

Keindahan Gunung Bromo bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. Secara geografis, Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Untuk mencapai Gunung Bromo Anda bisa mengambil rute dari Malang, Pasuruan atau Probolinggo. Menikmati sunrise, menjelajah pasir berbisik, dan menikmati keindahan kawah Bromo adalah tiga hal yang harus Anda lakukan di sini.

paket-tour-wisata-gunung-bromo

  1. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma memiliki pemandangan yang sangat indah. Perpaduan antara pasir putih serta batu karang yang menyebar di tepi pantai. Yang merupakan ciri khas dari Pantai Papuma adalah tujuh karang besar yang menjulang di pantai. Ukuran yang besar dari karang-karang ini membuatnya menyerupai sebuah pulau.

Pantai-Tanjung-Papuma2

  1. Kawah Ijen, Bondowoso

Keindahan Kawah Ijen juga sudah tersohor hingga mancanegara. Pada pagi hari, pemandangan di sini sangat menakjubkan. Perpaduan antara sinar matahari berwarna orange dan warna kawah hijau toska nan teduh. Saat dini hari, Anda bisa menikmati fenomena alam blue fire yang menakjubkan. Namun untuk menikmati keindahan kawah ini, Anda harus melakukan pendakian ke Gunung Ijen terlebih, jadi jangan lupa untuk menyiapkan stamina Anda.

images003

  1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Selain pemandangan sunset yang amazing di pantai ini, ternyata Pantai Pulau Merah juga menjadi tujuan selancar berkelas dunia di Pulau Jawa. Kondisi ombak di sini yang mencapai empat sampai lima meter sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Sambil berselancar di atas gulungan ombak, Anda bisa menikimati indahnya pemandangan pegunungan hijau dan angin yang sejuk.

BkIPpZlCYAEJTL7

  1. Air Terjun Madangkaripura, Probolinggo

Air Terjun Madangkaripura adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa dan merupakan air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura. Air terjun ini dikeliligi dinding yang luar biasa tinggi (200 meter) dengan lumut-lumut hijau yang membuatnya makin memukau. Ada sebuah gua yang terdapat di sekitar air terjun. Konon. gua ini adalah gua yang menjadi tempat meditasi Patih Gajahmada.

images004

  1. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Di tempat wisata alam di Jawa Timur ini, Anda akan disuguhi pemandangan kawanan hewan yang hidup lepas seperti di Afrika dan juga pemandangan sekitar 444 jenis tumbuhan asli yang khas.

e6ef52afc8d4e526ec368d7311eb7b94

  1. Pulau Sempu, Malang

Untuk mencapai Segara Anakan ini, Anda harus melakukan trekking selama dua jam melalui hutan dan jalan yang curam. Karena air di sini sangat tenang, Anda bisa melakukan kegiatan berenang ataupun kamping bersama teman-teman. Tetapi karena Pulau Sempu termasuk cagar alam, sebaiknya Anda tidak mencemari lingkungan ini dengan membuang sampah sembarangan ataupun merusak ekosistemnya.

pulau-sempu-malang-1

  1. Ranu Kumbolo, Malang

Tak perlu khawatir bosan karena selama perjalanan menuju Ranu Kumbolo Anda akan disuguhi pemandangan batuan terjal, bukit yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus, juga kepulan asap tebal Gunung Semeru. Oh ya, Anda dilarang mandi, berenang, atau buang air di danau ini karena airnya super jernih dan dapat diminum langsung .

Ranu-kumbolo-gunung-semeru-jawa-timur-indonesia

  1. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar adalah salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Keistimewaan Pantai Klayar selain pasirnya yang seputih susu, di sini terdapat batu karang yang bentuknya menyerupai Spinx dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Batuan karang yang ada di Pantai Klayar ini juga sering disamakan dengan karang di Tanah Lot, Bali.

Pantai-Klayar-

  1. Songa Rafting, Probolinggo

Sungai yang digunakan untuk rafting adalah Sungai Pekalen. Ada dua paket wisata rafting yang dapat Anda pilih, yaitu Songa Atas dan Songa Bawah. Mengikuti trip Songa Atas, selama 2 jam Anda akan menikmati keindahan hutan hujan tropis, dengan udara yang sejuk dan beberapa fenomena alam seperti air terjun dan gua kelelawar. Sedangkan trip Songa Bawah, Anda akan mengarungi 34 jeram dengan berbagai level selama 2 jam.

Songa-Rafting-Pekalen

11. Eco Green Park

Eco Green Park berdiri di area seluas 5 hektar dan masih dalam satu kawasan dengan Jawa Timur Park 2, yakni di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9A, Kota Wisata Batu. Wisata alam yang ditawarkan Eco Green Park semakin lengkap dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Panderman. Suasananya pun begitu sejuk dan dijamin bakal si kecil betah berpetualang di sini. Dengan kehadiran Eco Green Park yang mulai dibuka pada 01 Juli 2012 ini semakin melengkapi produk dari Jawa Timur Group untuk menghadirkan tempat wisata berbasis edukasi dan menjadikan harapan mereka untuk menjadikan Jawa Timur sebagai lokasi wisata nasional, selain Bali, semakin mungkin dicapai.

 

12. Kampung Coklat, Blitar

Anda tau Cokelat? Ya,makanan yang satu ini emang bikin nagih banget. Rasanya semua usia pada suka deh sama kuliner yang satu ini, mulai dari anak-anak sampai yang kakek-nenek. Gak cuma enak dimakan langsung namun coklat juga enak dinikmati sebagai minuman maupun campuran makanan lainnya. Coklat juga dipercaya bisa menghilangkan badmood jadi good mood. Hal ini dikarenakan si manis-manis pahit ini memiliki kandungan molekul psikoaktif yang bikin seseorang jadi merasa lebih nyaman. Coklat juga bisa bikin panjang umur karena makanan yang satu ini memiliki kandungan zat yang mampu memperlambat penuaan. Salah satunya mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari. Makanya pantas dah jika makanan ini jadi favoritnya sejuta umat karena banyaknya manfaat yang dimilikinya. Nah, biar travelers kian leluasa menikmati coklat, ini waktunya anda buat berkunjung ke Kampung Coklat yang dijamin bikin travelers enggan meninggalkan tempat ini dan ingin balik lagi, lagi, dan lagi.

Wisata Kampung Coklat berada di Blitar, tepatnya di Jalan Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan. Untuk mencapai Kampung Coklat juga cukup mudah. Dari pusat kota Blitar, travelers cuma perlu melakukan perjalanan selama 15-20 menit untu sampai Kampung Coklat. Travelers tinggal mengambil jalan yang menuju Tulungagung kemudian mengambil rute sebelah kiri kala tiba di Jembatan Kademangan. Selanjutnya lurus saja hingga sampai di perempatan belok kiri menuju Lodoyo. Posisi Kmapung Coklat tepat berada di sisi kiri jalan. Memasuki area Kampung Coklat, travelers bisa mencium aroma coklat yang begitu khas. Cukup dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000/orang, anda sudah bisa menjelajahi tempat ini. Untuk travelers yang berasal dari luar Blitar dan ingin di Blitar lebih lama bisa mengunakan hotel murah di Blitar sebagai sarana akomodasinya.

Tempat yang satu ini memang pantas jika diberi nama Kampung Coklat. Selain arsitektur bangunan yang didominasi warna coklat, di sisi kanan dan kiri jalan menuju perkebunan coklat terdapat tumpukan biji coklat. Dan rupanya tak jauh dari situ merupakan lokasi gudang coklat. Berjarak 30 meter dari gudang coklat, anda akan mendapati kebun coklat yang begitu rapi. Bisa dibilang ini adalah tempat awal untuk perkembangbiakan pohon kakao. Di sini ada sejumlah pohon kakao mulai dari yang berumur 3 bulan, 6 bulan, sampai yang sudah siap panen. Dan dari sini pula sumber coklat yang diolah jadi kuliner enak yang ada di oulet-outlet Kampung Coklat. Tak hanya bisa mengetahui mengenai sumber coklat, travelers juga bisa belajar mengenai pengolahan biji kakao jadi coklat hingga pengemasan menjadi makanan yang enak banget.

13. Bukit Jaddih, Madura

Pemandangan yang ditawarkan Bukit Jaddih memang menjadi obyek yang menarik untuk lensa kamera anda. Sisa-sisa penambangan batu kapur membentuk pemandangan yang begitu menakjubkan dan mirip dengan Cappadocia di Turki. Bukit-bukit sisa penambangan tidak hanya menampilkan pahatan dan ukiran, namun juga membentuk sejumlah gua-gua kecil yang begitu menarik. Bahkan ada juga yang telah menjadi danau dengan airnya yang berwarna hijau dan dimanfaatkan sebagai kolam renang untuk menambah atraksi dari Bukit Jaddih. Dengan semakin seringnya aktivitas penambangan yang ada di Bukit Jaddih bukan tidak mungkin jika lama-kelamaan tempat tersebut akan menjadi kawah. Namun tidak semua bagian di bukit tersebut kering kerontang, karena ada juga beberapa bagina bukit yang dipenuhi dengan tetumbuhan hijau yang cukup menyejukkan. Jadi setelah berpanas-panasan bisa juga untuk menikmati sejuknya hembusan angin di bagian yang memiliki pepohonan lebat ini.

 

14. Maharani Zoo, Lamongan

Maharani Zoo berdiri sejak 25 Mei 2008 dan menyajikan wahana konservasi dan edukasi serta budaya yang terangkum dalam nuansa etnik Afrika. Wisata yang bisa ditempuh sejauh 1.5 jam perjalanan dari Surabaya ini juga menghadirkan pemandangan pesisir pantai utara. Sejumlah fasilitas yang ditawarkan meliputi taman satwa atau kebun binatang yang dilengkapi dengan koleksi berbagai binatang, seperti orang utan, beruang madu, wallaby, jerapah, singa putih dan harimau putih serta masih banyak koleksi yang lainnya. Umumnya binatang yang ada di Maharani Zoo berasal dari Asia. Namun kini telah bertambah dengan gajah Palembang dan Pekanbaru.

 

15.

 

Sumber : http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-alam-di-jawa-timur-yang-wajib-dikunjungi/

http://surabaya.panduanwisata.id/hiburan/berpetualang-sambil-wisata-edukasi-di-eco-green-park/

Iklan

One thought on “Tempat Wisata Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s