Kandungan dan Manfaat Buah Pisang

index
Kandungan Buah Pisang :

1. Kalium

Sebuah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 467 mg kalium (potasium) dan hanya sedikit sodium (natrium) yaitu sekitar 1 mg.

Kalium merupakan unsur penting untuk mengatur tekanan darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, serta masalah lain yang terkait.

Batu Akik GO-JEK Kue Cubit Angeline Olga Syahputra Dubsmash Fast Furious 7 Tragedi Mina Goyang Dumang Piala Presiden

 

2. Kalsium

Pisang kaya akan kalsium, 100 gr pisang mampu memasok 5 mg kalsium untuk tubuh.

Kalsium sangat penting untuk pembentukan serta pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi.

Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk memperlancar pelepasan neurotransmiter dan kontraksi otot.

3. Karbohidrat

Kandungan energi dalam pisang sangat tinggi sehingga cocok digunakan sebagai sumber makanan untuk mendapatkan energi secara cepat.

Dalam 100 gr pisang mengandung 22,84 gr karbohidrat, gula 12,23 gr, dan 2,6 gr serat.

Meskipun sedikit lebih tinggi untuk pasien diabetes, namun ini membuat pisang sebagai sumber energi yang cepat dan mudah dicerna.

4. Vitamin C

Dalam 100 gr pisang tersedia hampir 8.7 mg vitamin C untuk tubuh.

Vitamin C melindungi tubuh terhadap stres oksidatif maupun malnutrisi.

Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin C membantu tubuh mengendalikan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

 

5. Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan vitamin yang larut air, berperan penting untuk kelancaran fungsi sistem saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melawan infeksi.

Dalam 225 gr pisang terkandung 0,8 mg vitamin B6 untuk tubuh.

6. Vitamin Lainnya

Berbagai macam vitamin penting seperti vitamin A, vitamin D, vitamin K, folat, tiamin, riboflavin, niasin, dan lainnya bisa ditemukan dalam pisang.

Vitamin-vitamin ini membantu pembentukan darah serta melakukan aktivitas lain dalam tubuh untuk menjaga tingkat kebugaran tetap tinggi sepanjang waktu.

7. Mineral Lainnya

Beberapa macam mineral lain seperti besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium, dan fluorida juga bisa ditemukan dalam buah pisang.

Masing-masing mineral tersebut membantu berbagai macam fungsi tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kalori dalam Pisang

Setiap 100 gr pisang mengandung sekitar 90-93 kalori.

Jadi, pisang efektif digunakan baik untuk menaikkan berat badan maupun penurunan berat badan.

Untuk menaikkan berat badan, direkomendasikan mengonsumsi 3-5 buah pisang dalam sehari dengan susu atau yogurt.

Sedangkan untuk menurunkan berat badan, konsumsi pisang dalam jumlah sedikit sudah akan memberikan perasaan kenyang.

Tingginya kadar air dalam buah pisang membuat tubuh terhidrasi dengan baik tanpa mengurangi nutrisi penting.

Hal inilah yang membuat pisang efektif membantu penurunan berat badan.

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, harus dipastikan mengonsumsi buah pisang yang masih segar, bukan keripik pisang atau pisang olahan yang sudah dilapisi gula atau cokelat.

 

Manfaat Buah Pisang :

  • Menyehatkan Saluran Pencernaan
  • Sangat Baik untuk ginjal
  • Memperkuat Tulang dan Gigi
  • Mengatasi Kelelahan dan Meningkatkan stamina
  • Menurunkan Tekanan Darah
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Memperbaiki Kondisi Mental
  • Meningkatkan Kinerja Saraf Dan Otak Karena Ada Kandungan Potasium Di Dalamnya
  • Menjaga Keseimbangan Cairan DiTubuh Kita Karena Faktor Potasium
  • Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit
  • Membantu dalam Program Diet Karena Ada Kandungan Karbohidrat didalamnya.
  • Mengurangi Kadar Gula Darah Dalam Tubuh
  • Menambah Kalsium Dalam Tubuh
  • Meningkatkan Kekebalan Dalam Tubuh
  • Baik Juga Di Konsumsi Untuk Ibu Hamil Karena Ada Kandungan Asam Folat yang bermanfaat untuk janin para ibu.
  • Sebagai Sumber Energi yang baik untuk Tubuh kita karena pisang mengandung kalori yang cukup baik untuk tubuh kita.
  • Mengurangi Sakit Nyeri Pada Saat Sedang Haid Karena Kandungan vitamin B6 Didalamnya untuk Mengatur Sirkulasi kadar Gula Dalam darah.
  • Pisang juga bisa membantu para perokok yang sedang dalam proses untuk berhenti merokok karena pisang mengandung vitamin B, magnesium dan kalium yang sangat tinggi.

Sumber : http://www.indonews.co.id/manfaat-buah-pisang-bagi-kesehatan/ ; http://www.amazine.co/23221/ketahui-7-nutrisi-penting-kandungan-kalori-dalam-pisang/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s